Beranda Jabar GT Parahu Masih Erupsi Dilevel Waspada, Wisata Masih Ditutup

GT Parahu Masih Erupsi Dilevel Waspada, Wisata Masih Ditutup

92
0

Penulis : Erlan

SUBANG, jabarkini.net – Karena masih terus menerus mengalami erupsi pada level dua atau berstatus waspada, taman wisata alam gunung tangkuban parahu di perbatasan subang dan kabupaten bandung barat masih di tutup, bahkan hingga rabu (07/08/2019) pagi semburan asap putih tebal muncul 200 meter dari dasar kawah.

Taman wisata alam gunung tangkuban parahu hingga rabu pagi masih di tutup sementara. Semburan abu vulkanik dan asap putih masih terjadi
Di gunung tangkuban parahu tersebut, hingga saat ini status gunung tangkuban parahu masih di level dua atau berstatus waspada.

Dengan level dua tersebut jarak aman masih ditetapkan sejauh satu satengah kilometer dari bibir kawah.

Menurut Hendrik Deramata petugas pemantau PVMBG gunung api tangkuban parahu mengatakan, berdasarkan kamera pemantau atau CCTV di pos pengamatan gunung api tangkuban parahu milik Badan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau PVMBG terpantau ada asap putih tebal setinggi lebih kurang 200 meter dari dasar kawah,sedangkan untuk tremor masih flutuaktif dengan Amflitudo 40 hingga 50 milimeter, namun dominan di 40 milimeter.

Kondisi gunung tangkuban parahu yang terus menerus mengalami erupsi ini membuat sejumlah pengunjung yang sengaja datang ke tempat wisata ini harus berputar arah, karena wisata alam gunung tangkuban parahu masih di tutup.

Seperti yang dialami Ibrahim asal soreang bandung, dirinya bersama keluarga sengaja datang ke wisata alam tangkuban parahu, meski telah mengetahui wisata tersebut di tutup, namun tetap ingin mengunjungi wisata tersebut.

“ya meskipun kecewa jauh jauh untuk datang kesini dan masih di tutup ya harus diterima, mungkin demi keselamatan pihak terkait menutup sementara wisata gunung tangkuban parahu, namun saya bisa foto foto bersama keluarga meski hanya di depan pintu gerbangnya saja, “pungkasnya.

Sementara itu, terkait masih erupsinya gunung tangkuban parahu ini, pihak PVMBG selalu berkoordinasi dengan pemerintah jawa barat, khususnya BPBD jawa barat dan BPBD kabupaten subang serta BPBD kabupaten bandung barat.(jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here