Beranda Jabar Festival 7 Sungai, Jaga Kelestarian Budaya dan Mendongkrak Wisata

Festival 7 Sungai, Jaga Kelestarian Budaya dan Mendongkrak Wisata

225
0

Penulis: Erlan

SUBANG, Jabarkini.net – Acara Festival 7 Sungai ke 4, yang diinisiasi oleh Yayasan Bale Budaya Bandung (YB3) bekerjasama dengan Bumdes Tarungjaya Desa Cibuluh yang digelar di Kampung Ciseupan, Desa Wisata Cibuluh, Kecamatan Tanjungsiang, Kabupaten Subang, Sabtu (12/10/2019) pagi, berlangsung meriah.

Acara bertema “Hurip Cai bagian 2” ini pun ternyata mendapatkan sambutan antusias dari warga. Mereka tidak hanya datang dari Subang, namun dari luar Subang bahkan Manca Negara.

Berdasarkan pantauan, sejak pagi hari, ratusan warga pun sudah memadati area festival 7 sungai.

Aksi teatrikal yang menggambarkan kebiasaan masyarakat dulu memanfaatkan sungai dikesehariannya pun mampu menghipnotis warga.

Tampak sekelompok anak anak dan remaja berkumpul, mereka bermain di antara bebatuan sungai sambil bersenda gurau. Kemudian rombongan ibu ibu datang, mereka melakukan aktivitas mencuci, dan disusul para bapak membawa korang/jaring yang menggambarkan menangkap ikan.

Kegiatan yang kemudian dihelat oleh Unit Pariwisata Bumdes Tarungjaya ini merupakan realisasi salah satu bentuk kerjasama dalam pengembangan Program Kepariwisataan Desa Berbasis Masyarakat (Community Based Tourism).

Kegiatan yang mengusung tema “Hurip Cai-2” merupakan kelanjutan dari Festical 7 Sungai ke-3 pada 2018 lalu.

Selain menjadi program promosi kepariwisataan desa –khususnya desa wisata Cibuluh, kegiatan ini juga bertujuan untuk terus menghidupkan budaya sungai demi terbangunnya kesadaran masyarakat akan pentingnya sungai sebagai salahsatu potensi desa.

Diakhir Acara, Plt Kadisparpora Kabupaten Subang, Ahmad Sobari yang hadir sekaligus membuka acara tersebut mengapresiasi atas terselenggaranya event festival 7 sungai yang ke -4 kalinya ini.

Melalui acra ini, tentunya bisa menggerakan warga agar bersama sama melestarikan dan mengembalikan fungsi sungai dan juga bisa menggerakkan perekonomian, pelestarian lingkungan dan menampilkan potensi-potensi seni dan budaya yang ada di masyarakat.

“Dengan adanya festival 7 sungai ini pun tentunya dapat menggaet wisatawan dari luar subang untuk mengunjungi desa wisata cibuluh,”pungkasnya.(jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here