Beranda Jabar Empat Janda Renta Mengadu Ke Wakil Bupati Karawang

Empat Janda Renta Mengadu Ke Wakil Bupati Karawang

164
0

Penulis : Asep NK

KARAWANG, Jabarkini.net – Ma Rawi (70) salah satu warga asal Desa Kotapohaci,  Kecamatan Ciampel,  Karawang,  kehidupan nenek yang tinggal  seorang diri tersebut menjadi ‘korban’ dari program rutilahu yang salah sasaran.

Rumah yang ditempatinya sejak 40 tahun lalu semakin lama semakin hancur dimakan usia, sementara hingga saat ini perbaikan selalu dilakukan menunggu uluran tangan yang peduli akan kondisi tempat tinggalnya.

Hal itu disampaikan, Mak Rawi bersama tiga perempuan renta lainnya,  saat bersilaturahmi ke Rimah Dinas Wakil Bupati Karawang,  Ahmad Zamaksyari,  Kamis (13/12).

”Belum lama ini bagian belakang rumah baru saja dibetulkan karena hancur terbawa angin. Warga saja secara sukarela menolong untuk perbaikan,” kata Mak Rawi didepan Wabup Karawang.

Mak Rawi terang-terangan mengatakan, sebenarnya cukup banyak pihak yang  datang namun Ia tidak tahu pihak mana saja yang datang melakukan pendataan dan menganbil  gambar hunian yang rusak selama beberapa kali. Namun hingga saat ini belum ada pihak yang memperbaiki rumah tempat tinggalnya.

”Saya ingat sudah ada tiga kali kedatangan, tapi sampai sekarang belum ada realisasinya sama sekali,” katanya dengan tegas.

Wakil Bupati Karawang,  Ahmad Zamaksyari mengatakan Mak Rawi bersana tiga orang sekampungnya, hanya menjadi satu dari sekian banyak penghuni rumah tidak layak di Desa tersebut. Masih ada beberapa rumah dengan nasib serupa, terancam usia tua bangunan dan cuaca.

Dia menjelaskan seluruh rumah yang perlu perbaikan itu pun kerap kali dijanjikan akan mendapatkan perbaikan. Bahkan, pihak yang tersebut turut menjanjikan akan membangunkan rumah sehingga menjadi rumah layak huni.

“Selayaknya empat orang tua renta ini, mendapatkan bantuan berupa perbaikan hunian yang lebih layak. Bukan tanpa sebab, di usia rentanya janda yang hidup seorang diri ini harus tidur di rumah rapuh dan memperihatinkan,” katanya.

Untuk itu,  Wakil Bupati Karawang,  yang akrab disapa Kang Jimny menuturkan akan meneruskan permintaan Mak Rawi bersama tiga perempuan renta lainnya ke pihak yang berwenang untuk mendapatkan bantuan program Rumah Layak Huni (Rutilahu).

Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari pihak Kepala Desa Kotapihaci,  Rosidah,  kawasan yang mayoritas dihuni buruh tani itu rutin mengajukan bantuan rutilahu pada pemkab. Hanya saja, tidak setiap tahun pengajuan tersebut dikabulkan oleh dinas terkait.

“Pengajuan program rutilahu setiap tahun ada 30 rumah,  namun tak satupun yang terealisasi, ” pungkasnya.(jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here