Beranda Ekonomi Manisnya Asli Lho !!Gula Aren Asal Cibeber

Manisnya Asli Lho !!Gula Aren Asal Cibeber

35
0

Penulis: Erlan

PURWAKARTA, Jabarkini.net – Siapa yang tidak kenal dengan kata “Gula” ya’ Gula yang mempunyai rasa manis ini memang tidak asing lagi bagi kita semua, namun manisnya gula tidak sedikit yang memiliki rasa manis asli dari pembuatannya, banyak produksi gula saat proses nya sering di campur dengan pemanis gula lainnya. berbeda dengan produksi gula rumahan yang di produksi warga Kampung Sukamaju 2 rt 06 rw 03 Desa Cibeber Kecamatan Kiarapedes Purwakarta ini, bahan baku dari produksi air enau (pohon buah kulang kaling/red) dan tanpa bahan campuran pemanis lainnya menjadi daya tarik tersendiri untuk menikmati hasil olahan menjadi gula muda maupun gula jadi (tua) yang memiliki rasa manis sekali.

Gula aren atau sering disebut gula kawung bagi masyarakat perkampungan ini di olah secara tradisonal menggunakan wajan besar yang di panaskan menggunakan kayu bakar hingga air enau bahan gula merah benar benar mendidih hingga mengeluarkan busa, setelah air lahang atau wedang, perajin bisa menunggu 1 hingga 2 jam lebih untuk menjadi gula muda, setalah itu gula muda di masukan ke cetakan bambu yang di potong potong sesuai ukuran hingga menunggu adonan gula menjadi keras.

Menurut Bah Amid (52) hasil olahan gula dari pohon aren ini banyak sekali di minati warga sekitar maupun warga luar desa yang sengaja pesan datang kerumah, sementara untuk harga dikisaran 25 ribu per bonjor ( 4 gandu ).

” alhamdulilah, suka banyak yang pesan datang ke rumah untuk pemesanan gula aren ini, baik warga sekitar maupun warga di luar desa, alhmdulilah banyaknya pesanan bisa 2 kali produksi dalam seharinya,” tambah amid.

Bila anda penasaran dengan rasa gula merah dari pohon aren hasil olahan tradisional ini, silahkan datang langsung ke alamat diatas, selamat mencoba.(jk3)

Bagikan:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here