Beranda Ekonomi “Kedai Kopi Jawara Subang” Citra Lokal di Variant Rasa

“Kedai Kopi Jawara Subang” Citra Lokal di Variant Rasa

22
0
Inzet: Bang Alex, barista Kedai Kopi Jawara Subang

Penulis: Red/*

SUBANG,jabarkini.net“Prinsif saya, ketika saya tidak bisa menjadi yang terbaik, minimal saya bisa jadi yang berbeda”.

Demikian kalimat inti yang menjadi jargon Cece Mulyana,SE.,M.Si, owner ‘Kedai Kopi Jawara Subang’ saat ditanya motivasi apa yang mendorong dirinya hingga harus membuka lapak dagangannya jauh dari keramaian kota.

Memang diketahui, ‘Kedai Kopi Jawara Subang’ ini berlokasi di Kampung Cikuda, Desa Lengkong, Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Subang atau 3 km dari pusat kota Kecamatan Cipeundeuy. Warung penyaji kopi khas Subang tersebut berdiri di lahan HGU PTPN VIII Kebun Jalupang seluas 30 X 30 m2.

Saat berbincang bersama jabarkini.net, Cece Mulyana juga mengungkapkan awal mula dirinya membuka usaha kedai kopi tersebut. Katanya tanggal 9 Juli 2019 saat itu louncingnya pun dilakukan langsung oleh Bupati Subang H Ruhimat.

Saat itu, ide tersebut muncul dari ketertarikannya pada kopi lokal. Namun kala itu, ia hanya turut mempromosikannya saja lewat pemasaran di media sosial atau online.

“Tapi kemudian seiring banyaknya pemesanan, teman-teman saya menyarankan agar saya juga menjual kopi siap saji,” ujar Cece.

Diakui, tidak mudah memperkenalkan kopi asli Subang ini pada masyarakat, sekalipun masyarakat itu orang Subang sendiri. Namun atas ketekunan, kerjakeras disertai doa, omzet Kedai Kopi Jawara Subang mampu meningkat dari hari kehari.

Sekarang, 1 tahun Kedai Kopi Jawara Subang turut menghiasi destinasi wisata kuliner di Kabupaten Subang mampu mengeluarkan kopi sebanyak 1,5 sampai 2 kg dalam sehari.

“Sampai sekarang usia Kedai Kopi Jawara Subang ini sudah 1 tahun dan alhamdulillah dalam sehari bisa menghabiskan 1,5 sampai 2 kg kopi,” tandasnya.

Mengakhiri perbincangan, Cece Mulyana yang asli Sumedang itu mengungkapkan harapannya kedepan. Katanya, dia ingin banyak lagi orang Subang yang turut mempromosikan kopi asli Subang.

“Kalau misalkan ada, saya tidak akan menganggap itu saingan usaha saya. Tapi justru saya akan bangga sebab ini artinya, ada orang Subang yang peduli terhadap Subang meski dari sebuah kopi,” pungkasnya.

Perlu diketahui, Kedai Kopi Jawara Subang hanya menjual kopi asli Subang yang diproduseni oleh Cupumanik, Hufland dan Canggah. Kopi ini berasal dari area kebun di Desa Bukanagara, Kecamatan Cisalak.

Tapi jangan salah, ditangan barista atau peracik kopi profesional asal India bernama Isa Muklis atau biasa disapa Bang Alex, kopi yang berasal dari kawasan pegunungan tersebut mampu disulap menjadi berbagi variant rasa yang dipastikan pas dilidah para penikmatnya.

Selain itu, disini juga tersedia berbagai cemilan teman kopi istimewa. Cemilan andalannya yaitu, goreng ketan renyah yang dipruduksi sendiri.

Nah bagi anda yang kebetulan melintas di jalur tengah Subang tidak ada salahnya mampir untuk sekedar mencoba racikan kopi ala Kedai Kopi Jawara Subang ini. Harganya, pas dikantong, rasanya pun pas dilidah.

“Kedai Kopi Jawara Subang” berkomitmen untuk menjaga citra lokal melalui variant rasa sehingga bisa diterima di abad ini.(jk2)

Bagikan:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here