Beranda Jabar Desa Binaan PT SPV Ini Kembangkan Usaha Ekonomi Kreatif

Desa Binaan PT SPV Ini Kembangkan Usaha Ekonomi Kreatif

194
0

Penulis : Wezzz

PURWAKARTA, JabarKini.net – Dongkrak perekonomian yang mandiri, Desa Cicadas, Kecamatan Babakancikao, Purwakarta, terus melakukan binaan terhadap masyarakatnya melalui berbagai bidang berbasis ekonomi kreatif.
Diantaranya seperti usaha pengolahan limbah rumah tangga yang disulap menjadi aneka kerajinan bernilai seni tinggi sehingga dapat menghasilkan uang dengan nominal yang lumayan cukup besar.

“Warga desa kami saat ini sudah semakin mandiri, dalam hal ekonomi krearif karena bisa menciptakan lapangan pekerjaan. Minimalnya untuk pelaku usaha sendiri dan lingkungan sekitarnya,” ujar kepala desa Cicadas Kecamatan Babakan Cikao, Sulaeman P, kepada awak media, Senin (26/11/2018).

Menurutnya, beragam usaha ekonomi kreatif yang saat ini dijalankan di desanya itu tak lepas dari kepedulian perusahaan yang ada di Desa Cicadas.

“Salah satu perusahaan yang selalu menggelontorkan anggaran melalui program CSR nya yaitu PT. South Pasific Viscose (PT. SPV),” ujarnya

Sulaeman menambahkan, perusahaan PMA asal Austria tersebut selalu melakukan pembinaan-pmbinaan untuk kelompok usaha kreatif, sehingga para pelaku usaha ekonomi kreatif terus bisa berkembang.

“Bukti dari hasil binaan perusahaan PT. SPV desa kami akan ikut kegiatan Desa Eco Village di tingkat Provinsi Jabar, tidak lepas juga atas bimbingan dinas lingkungan hidup. Yang memberikan penyuluhan-penyuluhan berbagai kegiatan yang menjadikan kami sebagai Desa Berbudaya Lingkungan (Eco Village),” imbuhnya.

Dihubungi terpisah, Head Of Corporate Affair PT. SPV Widi Nugroho Sahib, menjelaskan bahwa desa sekitar merupakan prioritas utama menjadi binaan perusahaan.

Menurutnya, hal itu dilakukan agar masyarakat menjadi masyarakat yang mandiri secara ekonomi, kemudian mampu mengembangkan usaha yang pada akhirnya bisa menciptakan lapangan pekerjakaan. Bisa mandiri dari hasil berbagai usaha kreatif yang dikembangkan.

“Kita intens mealakukan pembinaan, melalui dana CSR yang kita gelontorkan untuk berbagai macam kelompok usaha masyarakat sekitar. Hasilnya desa cicadas akan mewakili purwakarta dalam ajang desa eco village di tingkat provinsi jawa barat yang akan berangkat minggu-minggu ini,” ujar Widi. (jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here