Beranda Ceremoni Darr..dor..Dar..dor.. Suara Mercon Tandai Malam Pergantian Tahun di Kalijati

Darr..dor..Dar..dor.. Suara Mercon Tandai Malam Pergantian Tahun di Kalijati

100
0

Penulis: Gunawan

SUBANG,jabarkini.net-Darr..dor..Dar..dor.. Suara mercon menandai malam pergantian tahun di Kecamatan Kalijati, Kabupaten Subang.

Ekspresi warga dalam menyambut malam pergantian tahun ini memang tak semeriah tahun sebelumnya. Maklum saja, sebab hujan hingga saat ini, pukul 01:30 Wib, masih mengguyur, meski intensitasnya tak sederas siang hingga sore tadi.

Untuk diketahui, suara mercon bukanlah satu-satunya bentuk ekspresi yang bisa dilihat. Dibeberapa daerah, ada juga yang sengaja menggelar hiburan dangdut orgen tunggal. Hanya saja, pentasnya tidak diatas panggung melainkan diteras rumah dengan cara yang sangat sederhana.

Ekspresi menyambut malam pergantian tahun dengan hiburan, sepertinya masih sulit dihindari oleh masyarakat. Padahal seperti diketahui, sebelumnya Bupati Subang H Ruhimat telah mengeluarkan himbauan melalui surat edaran, agar warga tidak menyalakan kembang api atau merecon, meniup trompet dan hiburan serta minum minuman keras, dimalam pergantian tahun.

Bupati meminta, perayaan pergantian tahun diisi dengan doa. Dzikir bagi umat Islam atau ibadah lainnya bagi umat non Islam. Namun sayang, himbauan Bupati ini tidak sesuai tak sepenuh sesuai harapan. Di beberapa tempat peribadatan justru sepi-sepi saja.

Untuk masalah minum minuman keras memang tidak terlihat. Begitu juga dengan suara trompet. Di Kalijati hampir tak terdengar. Namun jangan salah, sebagian masyarakat justru menggantinya dengan suara klakson kendaraan, tid tid tid tepat di pukul 00:00 Wib.

Ekspresi penuh suka cita dalam melepas tahun 2019 dan meniti tahun 2020 tampak terpancar diwajah warga yang merayakannya di jalanan Kalijati. Dan ini tentu saja sebuah bukti kalau perayaan malam pergantian tahun, tidak bisa dipisahkan dengan hiburan–sekedar saran. Tentu saja dengan pengawasan.(jk2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here