Beranda Jabar Ciptakan DAS Citarum Bersih, Satgas Sektor 13 Citarum Harum Bersihkan Sampah Sungai...

Ciptakan DAS Citarum Bersih, Satgas Sektor 13 Citarum Harum Bersihkan Sampah Sungai Cidadapan

183
0

Penulis : Wezz

PURWAKARTA, JabarKini.net – Demi terciptanya Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum yang bersih, Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum Sektor 13 bersama masyarkat sekitar bersihkan sampah yang ada di setiap anak sungai Citarum yang ada di wilayah sektor 13.

Secara bergotong royong, masyarakat dan aparatur pemerintahan Desa Anjun serta aggota koramil Plered, Kodim 0619 Purwakarta, anggota Satgas Citarum Harum Sektor 13 membersihkan sekaligus mengangkat semua sampah yang ada di sungai Cidadapan Desa Anjun, Kecamatan Plered, Purwakarta.  Jumat (28/6/2019).

Komandan Satgas Sektor 13 Citarum Harum, Kolonel Inf Nazwardi Irham, mengatakan kegiatan serupa akan terus dilaksanakan hingga seluruh aliran sungai yang ada wilayah Sektor 13 dipastikan tidak lagi tercemar oleh sampah yang berserakan.

“Kami juga akan terus memonitor secara rutin setiap anak sungai atau aliran sungai yang ada wilayah Sektor 13 ini, hal itu dilakukan demi maksimalnya pencapain kami dalam mewujudkan Citarum Harum ini,” kata Komandan Sektor 13, Kolonel Inf Nazwardi Irham.

Menurutnya, Citarum Harum membutuhkan perhatian khusus dari semua pihak, terlebih kesadaran seluruh masyarakat dalam menjaga kebersihan di lingkungan sekitar, salah satunya seperti tidak membuang sampah disembarang tempat.

“Disela kegiatan ini kami juga melakukan sosialisasi sekaligus memberikan imbauan kepada masyarakat agar lebih meningkatkan kesadaran dan rasa peduli terhadap lingkungan,” ujarnya.

Diketahui, Sektor 13 Citarum Harum melingkupi tiga kecamatan di dua kabupaten, Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Bandung Barat. Sementara target utama dari Satgas Citarum Harum Sektor 13 ada di sepuluh desa, antara lain seperti Desa Anjun dan Desa Gandasoli, Kecamatan Plered.

“Sementara di wilayah Kecamatan Tegalwaru, Purwakarta, target kami ada Desa Sukahaji dan Warungjeruk, untuk di Kecamatan Darangdan, Desa Depok, Kertamanah dan Darangdan. Terakhir untuk desa yang ada di wilayah Kabupaten Bandung Barat yang menjadi target kami yaitu Desa Cikalong dan Puteran,” tutupnya. (jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here