Beranda Ceremoni PN Subang Lounching E-Litigasi, Sidang Perdana Telecomference Turut Dihadirkan

PN Subang Lounching E-Litigasi, Sidang Perdana Telecomference Turut Dihadirkan

11
0

Penulis: Gunawan

SUBANG,jabarkini.net-Pengadilan Negeri (PN) Subang menggelar lounching E-Litigasi. Acara berlangsung di aula PN Subang, Kamis (6/2/2020).

Lounching E-Litigasi ini juga dilangsungkan dengan sistem teleconference di 5 tempat berbeda yaitu, Kecamatan Pamanukan, Purwadadi, Cisalak, Kantor Kejari dan Kantor Polres Subang.

Ketua PN Subang, R Hendral menjelaskaN, E-Litigasi adalah sebuah sistem digitalisasi persidangan kelanjutan dari e-court. Program ini dimaksudkan untuk menciptakan pelayanan peradilan yang mudah, cepat, sederhana, dan biaya ringan, sebagaimana Perma No.1 Tahun 2019 tentang administrasi perkara dan sidang di pengadilan secara elektronik.

Menurut R Hendral, ada 6 tujuan penting dari terlaksananya acara ini. Pertama, lounching e-litigasi PN Subang menuju Subang Jawara. Kedua, lounching pelayanan pojok pengadilan di PTSP kantor kecamatan se Kabupaten Subang. Ketiga, lounching fasilitas video conference. Keempat, lounching accsess to justice. Kelima, sosialisasi e-raterang dan e-litigasi di kantor kecamatan se Kabupaten Subang, dan keenam singkronisasi e-litigasi kejaksaan dan kepolisian Polres Subang.

“Sistem ini tidak hanya menangani perkara perdata saja. Tetapi, juga perkara pidana. Dan saksi bisa langsung memberikan kesaksiannya melalui telecomference,” ujar ketua PN Subang, R Hendral.

Bupati Subang, H Ruhimat yang hadir bersama para pimpinan daerah, mengapresiasi adanya e-litigasi ini. E-litigasi selaras dengan program JAWARA NAGARA. Ini adalah program pengadilan yang sangat positif dalam rangka memberikan pelayanan pada masyarakat pencari keadilan.

“Dan Pemerintah Kabupaten Subang sangat mengapresiasi kegiatan ini dan akan terus membantu PN Subang dalam memyukseskan kegiatan dimaksud agar berjalan efektif dan efisien demi memudahkan masyarakat yang mencari keadilan,” kata Bupati H Ruhimat.

Di lounching ini pun, PN Subang sekaligus menggelar sidang perdana telecomference, permohonan dari Kecamatan Pamanukan dengan perkara perdata. Sidang tersebut dipimpin oleh hakim tunggal, Anisa Primadona Duswara.(jk2)

Bagikan:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here