Beranda Jabar Calon Kades Kalah Disarankan Upaya Hukum

Calon Kades Kalah Disarankan Upaya Hukum

145
0

Penulis : Asep NK

KARAWANG, Jabarkini.net – Kapolres Karawang menegaskan setiap kali dilaksanakan pesta demokrasi pada tingkat apapun akan menghasilkan fakta yang berlawanan, yakni terpilih atau tidak tetpilih.

Dalam konteks tersebut, kata Kapolres setiap peserta Pilkades yang diselenggarakan secara serentak pada Minggu (11/11) kemarin, harus memiliki pemahaman yang sama siap menang dan siap kalah.

“Setiap pesta demokrasi seperti Pilkades , semua peserta pilkades di masing -masing desa harus siap kalah dan siap menang,” kata AKBP Slamet Waloya, kepada awak media , Selasa (13/11).

Dia mengatakan sejauh ini belum ada calon kades atau tim sukses yang melaporkan adanya kecurangan sehingga membuat calon yang kalah merasa tidak puas atas penghitungan akhir pasca berlangsungnya pilkades serentak di Kabupaten Karawang.

“Belum ada calon urng melapor terakit adanya kecurangan hingga hari ini ,” katanya.

Slamet Waloya menambahkan selama proses tahapan pilkades hingga pelaksanaan pilkades , calon kades senantiasa saling menghormati proses yang dilakukan panitia pilkades, Tidak harus menggunakan cara-cara kekerasan menghina dan menyerang kehormatan pasangan calon lain dan mentaati aturan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Para calon kades yang kalah harus tunduk terhadap aturan yang berkaitan dengan pelaksanaan pilkades, tidak harus adanya pengerahan masa apabila ada ketidakpuasan hasil penghitungan suara akhir,”katanya.

Hal lainnya, kata Kapolres para calon kades sebelumnya telah menerima dan menyetujui rekapitulasi DPT yang telah ditetapkan oleh panitia pilkades di desanya masing-masing.Sehingga para calon kades harus tunduk dan patuh pada aturan yang berkaitan dengan pelaksanaan pilkades serentak.

“Pada intinya kalaupun ada ketidakpuasan hasil penghitungan akhir pilkades , maka calon yang kurang beruntung bisa melakukan upaya hukum ke PTUN ,tidak harus ada pengerahan masa,” jelasnya.

Seperti diketahui, Pilkades serentak telah digelar di 67 desa yang tersebar di 25 kecamatan di Kabupaten Karawang pada Minggu (11/11) lalu. Ada 204 calon kades yang bertarung memperebutkan kursi kades didesanya masing-masing. (jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here