Beranda Jabar Beroperasi Pada Pertengahan 2020, Car Terminal Patimban Layani Ekspor Impor

Beroperasi Pada Pertengahan 2020, Car Terminal Patimban Layani Ekspor Impor

119
0

Penulis: Erlan

SUBANG, Jabarkini.net – Tahap pertama beroperasinya pelabuhan Internasional patimban pada pertengahan 2020 nanti sedikitnya dapat mengurangi kepadatan lalu lintas khususnya untuk ekspor-impor produk kendaraan di Pelabuhan Tanjung Priok. Selama ini, kendaraan berat termasuk angkutan ekspor-impor kendaraan menyumbang pada kemacetan lalu lintas khususnya ruas antara Bekasi-Tanjung Priok, Jakarta.

“Car Terminal Pelabuhan Patimban ini nantinya memiliki kapasitas tampung 250 ribu sampai 300 ribu kendaraan per tahun. Pembangunannya sendiri dilaksanakan dalam 3 tahap”ujar Menhub Budi Karya saat mengunjungi Pelabuhan Patimban

Dikatakan Menhub, Pada tahap pertama, Pelabuhan Patimban direncanakan akan dapat melayani 3,5 juta peti kemas (TEUS) dan 600.000 kendaraan bermotor (CBU). Pada tahap kedua, kapasitas pelayanan akan meningkat menjadi 5,5 juta TEUS dan pada tahap ketiga akan meningkat kembali hingga 7,5 juta Teus.

“Secara umum, Pelabuhan Patimban akan melayani jenis muatan Peti Kemas dan Kendaraan Bermotor yang diangkut menggunakan kapal-kapal berukuran besar”ungkap menhub.

Menurut Menhub, Tahap pertama beroperasinya Pelabuhan Patimban yang semula akan beroperasi pada akhir tahun 2019 ini namun batal karena beberapa tahap pembangunan yang belum selesai.

Menhub berharap, mudah-mudahan pertengahan tahun 2020 nanti, Pelabuhan Patimban tahap pertama sudah bisa beroperasi khususnya melayani ekspor impor kendaraan.(jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here