Beranda Jabar Bapemperda Tidak Berjalan Optimal

Bapemperda Tidak Berjalan Optimal

211
0

Penulis : Asep NK

KARAWANG, Jabarkini.net – Kinerja Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) tidak berjalan optimal. Buktinya, alat kelengkapan DPRD ini tidak mampu menyelesaikan rancangan peraturan daerah (Raperda) yang sudah masuk dalam program pembentukan peraturan daerah tahun 2018.

Dari 20 Raperda yang diusulkan baik usulan eksekutif maupun legislatif , hanya 15 yang sudah tuntas ditetapkan. Sementara sisanya masih belum diselesaikan.

Padahal sisa tahun anggaran hanya tinggal 11 hari lagi, menuju kalender tahun baru 2019. Dimana sisa waktu tersebut tidak memungkinkan bagi Bapemperda untuk menuntaskan pembahasan lima raperda.

Ketua Bapemperda DPRD Kab. Karawang H. Acep Suyatna mengatakan dari 20 raperda usulan eksekutif maupun legislatif sudah 15 raperda yang diselesaikan. Sisanya masih difasilitasi biro hukum propinsi.

Sementara dari 15 raperda yang sudah diparipurnakan ada 11 raperda dan 4 raperda lainnya yang baru siap diparipurnakan. Raperda mayoritas adalah usulan eksekutif dengan jumlah sebanyak 10 usulan.

Dikatakannya, meski masih banyak raperda yang belum diselesaikan, ia meyakini sisa waktu yang ada dapat dimaksimalkan untuk melakukan pembahasan dan pengesahan.

“Kemungkinan dalam waktu dekat ada lagi yang akan disahkan, karena sekarang masih difasilitasi biro hukum propinsi,” tegas Acep, Kamis (20/12).

Berikut adalah 15 Raperda yang sudah diselesaikan diantaranya adalah raperda tentang penghargaan daerah, ketentuan umum perpajakan, retribusi jasa umum , retribusi jasa usaha, perubahan atas Perda Kab. Karawang No.13 tahun 2014 tentang desa, pengelolaan jalan umum, penyertaan modal, penyelenggaraan pemerintah berbasis elektronik, keolahragaan, pemasangan reklame, tuntutan pembendaharaan dan tuntutan ganti rugi keuangan dan barang daerah, RPJMD 2016-2021, pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2017, perubahan APBD tahun 2018, rancangan APBD tahun 2019.(jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here