Beranda Jabar Bangunan Nyaris Ambruk Siswa SDN Hegarmanah Belajar Dibawah Pohon

Bangunan Nyaris Ambruk Siswa SDN Hegarmanah Belajar Dibawah Pohon

106
0

Penulis : Gunawan

SUBANG, jabarkini.net – Siswa SDN Hegarmanah yang berlokasi di Desa Pringkasap Kecamatan Pabuaran Kabupaten Subang, terpaksa harus mengikuti kegiatan belajar mengajar di bawah pohon mangga yang ada dihalaman sekolah. Ini akibat ruang kelas mereka yang rusak parah.

“Ini terpaksa kami lakukan soalnya kalau dipaksakan belajar di dalam ruangan khawatir ambruk. Tuh belajarnya dibawah pohon sana,” ujar salah seorang guru sambil menunjuk sebuah pohon mangga yang ada dihalaman sekolah tersebut.

Kerusakan pada bangunan sekolah tersebut memang bukan sebatas isapan jempol. Sepekan lalu sekolah milik pemerintah itu sempat viral dimedia sosial karena dinyatakan ambruk.

Kabar tentang SDN Hegarmanah yang ambruk ini pun kemudian merebak dan memicu keprihatinan sejumlah kalangan. Bahkan Dandim 0605 Subang langsung memerintahkan anggotanya untuk turut memberi bantuan.

Pun demikian dengan pemerintah daerah melalui dinas terkait yang langsung meresponnya. Selasa (9/10), Kadisdikbud Subang H.E Kusdinar didamping Kasi Sapras, Maman Warman langsung melakukan peninjauan.

Kedatangan Kusdinar dan staf disambut kepala sekolah dan para guru, serta camat dan Danramil Pabuaran.

Saat melakukan peninjauan, Kusdinar tampak tak percaya kalau di Kabupaten Subang ini masih terdapat sekolah dengan kondisi sangat memprihatinkan. “Ini jelas harus segera dilakukan perbaikan. Coba tolong catat dan masukan dalam anggaran tahun 2020 agar sekolah ini segera diperbaiki,” ujar Kusdinar memerintahkan bawahanya. “siap pak,” jawab Kasi Sapras Maman Warman menjawab perintah Kadisdikbud H. E Kusdinar.

Berdasarkan catatan dari Koorwil Pendidikan Kecamatan Pabuaran, Asep Sutrisno, bahwa di Kecamatan Pabuaran terdapat 6 sekolah lainnya dengan kondisi memprihatinkan. “Namun yang paling parah, SDN Hegarmanah,” ungkap Asep Sutrisno.

Ke 6 sekolah tersebut, yakni SDN Hegarmanah, Cintawinaya, Pasirmukti, Sekar Budaya dan budaya SDN Pabuaran 3 serta Mekar Budaya. Di Kecamatan Pabauaran sendiri terdapat 35 sekolah dasar. “Dengan kondisi seperti ini tentu saya berharap agar pemerintah daerah bisa memberikan dana taktis. Setidak ini untuk sementara sambil menunggu anggaran 2020.

“Sebab kalau tidak segera diperbaiki saya tidak bisa membayangkan bagaimana bahayanya. Terlebih sekarang ini sudah memasuki musim penghujan,” ungkapnya.

Sekedar informasi SDN Hegarmanah memiliki 6 ruangan, 3 ruangan rusak parah dan perlu penangan serius. Jumlah siswa di sekolah ini sebanyak 138 orang dibawah bimbingan 8 orang guru.(jk2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here