Beranda Jabar Antisipasi Meningkatnya Kecelekaan dan Peredaran Narkoba, Polres PurwakartaTes Urint Sopir Bus dan...

Antisipasi Meningkatnya Kecelekaan dan Peredaran Narkoba, Polres PurwakartaTes Urint Sopir Bus dan Truk

251
0

Penulis : Wezz

PURWAKARTA, JabarKini.net – Polres Purwakarta lakukan pemeriksaan dan tes urine kepada sejumlah sopir bus dan truk yang melintas di Pos Polisi Ciganea, Jatiluhur, Purwakarta, pada Rabu (19/12/2018).
Hal tersebut dilakukan polisi guna mengantisipasi peredaran Narkoba dan kecelakaan menjelang libur Natal dan Tahun baru.

Sebelumnya, pemeriksaan kesehatan dan tes urine ini, sempat membuat para sopir terkejut dan takut. Sebab, tidak biasanya ada pemeriksaan sampai dilakukan tes urine dan cek kesehatan.

Edi Junaedi (54) salah satu sopir bus mengaku, awalnya dirinya takut karena diperiksa kesehatannya. Namun, setelah mengetahui prosesnya, dirinya malah merasakan dampak positifnya. Yakni mengetahui kondisi kesehatan pada tubuhnya dan mendapat obat bila kondisi tidak fit.

“Sempat takut. Tapi, ternyata malah saya dicek kesehatan tekanan darahnya dan diberi obat. Karena tekanan darah saya sampai 170,” kata pria paruh baya itu usai di periksa dokter polisi di lokasi.

Hal senada, dikatakan Dadang (34) sopir truk asal Bandung, dirinya juga sempat ketakutan diberhentikan dan diperiksa kesehatannya oleh Dokpol, namun dirinya enjoy karena selama ini tidak pernah mengkonsumsi narkoba.

“Senang dilakukan tes urine, walaupun test urine yang pertama saya dinyatakan positif konsumsi ganja, namun Alhamdulillah setelah dilakukan test urine yang kedua saya negatif. Hal ini penting dilakukan untuk mengurangi angka kecelakaan akibat kelalaian pengendara,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kapolres Purwakarta, AKBP Twedi Aditya Bennyahdi mengatakan, jelang hari Natal dan tahun baru ini diperkirakan membuat arus lalu lintas makin padat.

“Ini dilakukan untuk mengantisipasi di masa liburan panjang supaya angkutan angkutan umum bisa aman nyaman digunakan masyarakat untuk bepergian dari satu tempat ke tempat lain. Tak hanya sopir angkutan umum saja, tadi juga sopir truk dan sopir barang kira test urine,”  ucap Twedi

Salah satu antisipasi lainnya, kata Kapolres, dapat mencegah terjadinya kecelakaan, dengan memastikan kondisi kesehatan para pengemudi. Terutama, pengemudi bus dan truk.

“Ada puluhan pengemudi yang kami tes urine dan periksa kesehatannya. Hasilnya, tidak ada yang positif sedang pengaruh minuman beralkohol ataupun narkoba. Hal lain, ini juga mencegah masuknya peredaran narkoba di Kabupaten Purwakarta,” Tegas Twedi. (jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here