Beranda Jabar Akhirnya, Tim SAR Gabungan Temukan Seluruh Korban Longsor di Pondok Salam

Akhirnya, Tim SAR Gabungan Temukan Seluruh Korban Longsor di Pondok Salam

230
0

Penulis : Wezz

PURWAKARTA, JabarKini.net – Setelah habiskan waktu sekitar 12 jam evakuasi korban tanah longsor yang terjadi pada Selasa (27/11/2018) malam
di Kampung Krajan Desa Salam Jaya, Kecamatan Pondoksalam kab Purwakarta resmi ditutup Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika.
Hal tersebut dilakukan setelah semua korban berhasil ditemukan tim SAR gabungan.

“Kami mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada para petugas dan semua steakholder yang telah membantu mengevakuasi korban bencana longsor di Pondoksalam. Tentu saja rasa salut juga saya sampaikan kepada warga setempat yang tabah, tegar dan bergotong-royong membantu penanganan bencana ini,” ujar Ambu didampingi jajaran DPKPB, Polri, TNI dan para relawan bencana di lokasi kejadian.

Menurutnya, sekitar pukul 21.00 WIB, Selasa (27/11) pihaknya mendapat laporan terkait bencana longsor yang terjadi di Pondoksalam.

“Setelah ini, pemerintah daerah akan mencarikan lahan tempat tinggal bagi para korban longsor, Insya Allah dengan luas yang sama.” katanya.

Ia menghimbau kepada seluruh warga dan jajarannya disemua tingkatan pemerintahan agar waspada menghadapi segala kemungkinan bencana alam.

“Seluruh kecamatan di Kabupaten Purwakarta, kami nyatakan menjadi status siaga bencana alam,” ucapnya.

Diintruksikan kepada seluruh jajaran mulai dari Kepala Desa dan Camat untuk segera melaporkan potensi-potensi bencana di wilayahnya masing-masing.

“Para Kades dan Camat, kami harapkan bisa siaga 24 jam, untuk memantau segala kemungkinan potensi terjadinya bencana alama di wilayah masing-masing,” demikian Ambu Anne.

Sebelumnya 2 korban terakhir ditemukan Tim SAR dengan dibantu warga di antara reruntuhan, Rabu (28/11/2018), sekitar pukul 08.30 WIB.

Petugas dibantu warga menemukan sang ayah yang bernama Iwan (30) telah tak bernyawa, tak lama berselang, dilokasi yang sama petugas juga menemukan sang putri, Intan (7).

“Setelah dilakukan pencarian mulai pukul 21.00 WIB, Selasa (27/11), korban Iwan ditemukan sekitar pukul 08.30 WIB, tak lama berselang, sekitar setengah jam kemudian, putrinya, Intan kemudian ditemukan tak jauh dari jasad sang ayah,” ujar Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Purwakarta, Wahyu Wibiesono di lokasi kejadian.

Selanjutnya, kedua korban dievakuasi ke Rumah Sakit Bayu Asih. Jumlah korban longsor tersebut sebanyak 9 orang. 4 di antaranya meninggal dunia.

Berikut Data Korban Longsor Kampung Krajan :

1. Ki Bakri (Meninggal Dunia)
2. Ma Acem (Meninggal Dunia)
3. Yanti (Luka berat)
4. Yeyet (Luka berat)
5. Ima Slamet (Luka berat)
6. Dede Slamet (Luka berat)
7. Ridwan Slamet (Luka berat)
8. Iwan (30) Masih Terkubur
9. Intan (7) Masih Terkubur
(jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here