Beranda PURWAKARTA Ada yang Tak Biasa, Pelatihan KPM Dua Kecamatan Digelar di Taman Batu...

Ada yang Tak Biasa, Pelatihan KPM Dua Kecamatan Digelar di Taman Batu Cijanun

147
0

Penulis : Wezz

PURWAKARTA, JabarKini.net – Mencari suasana yang berbeda, Tim Pelaksana Inovasi Desa ( TPID ) Kecamatan Bojong dan Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta menggelar kegiatan pelatihan peningkatan Kader Pembangunan Manusia (KPM), di area wisata Taman Batu Cijanun, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta, pada Rabu (31/7/2019).

Menurut Ketua TPID Kecamatan Bojong, Ibanudin, kegiatan yang melibatkan pemerintah desa dan para kader pembangunan manusia ini sengaja di gelar salah satu tempat wisata andalan di Kecamatan Bojong itu agar para peserta tidak jenuh dan dapat merima materi yang disampaikan.

“Biar tidak selalu di ruangan dan tidak membuat para peserta jenuh, Kami sengaja menggelar kegiatan ini di tempat wisata Taman Batu Cijanun. Selain menganalkan tempat wisata yang ada di Kecamatan Bojong, usai kegiatan para peserta bisa berwisata dulu,” kata pria yang akarab disapa Iban itu.

Ditempat yang sama Ketua TPID Kecamatan Darangdan, Muhamad Imron Safei, mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu program TPID yang mewujudkan suatu inovasi untuk mendorong pemerintah Desa yang ada di Kecamatan Darangdan dan Bojong untuk peduli terhadap pembangunan manusianya bukan fokus pada pembangunan fisik saja.

“Kegiatan ini kami laksanakan sebagai wujud inovasi untuk mendorong pemerintah desa untuk peduli terhadap pembangunan manusianya,” Beber Imron.

Sementara, Kasie Pengembangan Modal Usaha dan Pemasaran, Bidang Pemberdayaan Ekonomi Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Purwakarta, Suryana, berharap kepada peserta agar mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh, sehingga apapun hasil yang didapat bisa maksimal dan bisa diterapkan di desanya masing-masing.

“Setelah kegiatan pelatihan ini, actionnya ditunggu masyarakat,” ucap Suryana.

Menurutnya, kegiatan ini menjadi langkah awal untuk merubah pola pikir masyarakat sehingga pembangunan manusia di Kabupaten Purwakarta, khususnya di Kecamatan Bojong dan Darangdan dapat terwujud.

“Saya berharap kegiatan ini merupakan wujud langkah awal untuk merubah pola pikir masyarakat sehingga pembangunan manusia di Kabupaten Purwakarta dapat terwujud,” harapnya.

Nantinya, lanjut Suryana, setelah pelatihan diharapkan kader-kader ini bisa memfasilitasi masyarakat desa dalam mendiagnosa isu stunting, identifikasi kondisi sasaran dan keberadaan layanan, serta intervensi melalui pemetaan sosial yang terintegrasi.

“Saya berharap agar kader-kader nantinya bisa memonitor 5 paket pelayanan utama dalam penanganan stunting di desa meliputi pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), integrasi konseling gizi, air bersih dan sanitasi, perlindungan sosial, pendidikan anak usia dini,” pungkasnya.(jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here