Beranda PURWAKARTA 83 Jabatan Kepala Desa di Kab Purwakarta Segera Berakhir

83 Jabatan Kepala Desa di Kab Purwakarta Segera Berakhir

83
0

Penulis : Wezz

PURWAKARTA, jabarkini.net – Sebanyak 83 Kepala desa di Kabupaten Purwakarta pada Agustus tahun 2019 nanti masa jabatannya akan segera berakhir.
Untuk mengantisipasi kekosongan pelayanan masyarakat, maka ke 83 Desa tersebut sementara akan di isi PJS (Pejabat sementara) Kepala Desa.

“Untuk mengisi jabatan Kades yang kosong tersebut maka Pemkab Purwakarta akan mengangkat Pjs, hal ini dilakukan agar playanan terhadap masyarakat tidak terganggu,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Purwakarta, Panda Dinata, saat ditemui di ruangan kerjanya, Senin (22/7/2019).

Untuk mengangkat Pjs, Panda menambahkan, berasal dari seorang PNS yang bertugas di kecamatan ataupun di Kabupaten dan 83 jabatan kades yang kosong rencananya pelaksanakaan pemilihan kepala desanya baru mungkin akan digelar pada tahun 2020 melalui Pilkades serentak dan setelah adanya kebijakan dari Pemerintah Daerah.

“Ibu Bupati sih inginkan di tahun 2020, tapi itu semua tergantung keputusan beliau. Untuk Kabupaten Purwakarta bisa melakukan Pilkades serentak ya di tahun 2020,” jelasnya.

Saat ini, lanjut Panda, pihaknya telah menerima daftar nama yang akan diajukan sebagai Pjs Kepala Desa. Keputusan Pjs kades ini hak preogratif Bupati, masa jabatan Pjs kades berakhir setelah ada kades depinitif.

“Kami sudah terima daftar nama yang akan menjadi Pjs kades, yang diusulkan dari pihak pemerintah Kecamatan. Nanti kami usulkan kembali ke Ibu Bupati, nanti beliau yang memutuskan,” jelasnya

Menurutnya, meski desa tersebut dipimpin Pjs, tetapi pemerintahan dan pembangunan harus tetap optimal.

“Kebutuhan masyarakat berjalan secara harus dilayani dengan baik. Pilkades serentak akan digelar tahun 2020. Tetapi, jadwal pastinya belum diputuskan Bupati Purwakarta,” pungkasnya.(jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here