Beranda PURWAKARTA 54 Rumah Warga Di Sukatni, Rusak Parah Disapu Puting Beliung

54 Rumah Warga Di Sukatni, Rusak Parah Disapu Puting Beliung

213
0

Penulis : Wezz

PURWAKRTA, JabarKini.net – Angin kencang disertai hujan deras (puting beliung), sebabkan 54 rumah warga rusak berat/ringan di Desa Sukatani, Kec Sukatani, Kab Purwakarta. Rabu, (24/10/2018) kemarin sore.

Dampak sapuan puting beliung yang terjadi sekitar pukul 15 : 00 tersebut, selain menumbangkan beberapa pohon juga mengakibatkan rumah warga rusak parah hingga sebagian rata dengan tanah.

” saat kejadian saya sama keluarga berada didalam rumah, kami langsung lari keluar takut tertimpa bangunan ” kata Atang (29), salah satu warga Rw 04 yang rumahnya hampir rata dengan tanah.

Pasca kejadian, Atang dan keluarganya hanya bisa pasrah melihat rumah sederhana yang dibangun dari hasil kerja kerasnya sebagai tukang bangunan tersebut sudah tidak bisa ditempati.

” mungkin saat ini saya kembali tinggal di rumah orang tua, sambil berusaha membangun kembali rumah mudah mudahan saja nanti ada bantuan dari pemerintah juga ” harap Atang.

Diketahui, dampak dari terjangan puting beliung tak hanya terjadi di Rw 04, beberapa wilayah Rw lainnya pun turut terdampak dengan kerusakan bervariasi.
Beruntung, dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa dan untuk kerugian materi sementara diperkirakan sebesar Rp 176.000.000.

”Dari pantauan dilapangan, rumah yang terdampak ada sekitar 54 rumah dan itu tersebar di 7 Rw yang berada di Desa Sukatani ” terang BabinKamtibmas Desa Sukatani Bripka Erri Ginanjar, didampingi Tarim, Bamusdes setempat saat meninjau lokasi bencana.

Diakui Tarim, saat ini belum ada bantuan dari pihak manapun termasuk dari pemerintah setempat.
Untuk sementara, warga secara bergotong royong memperbaiki rumah yang rusak disetiap wilayahnya.

” kalo hanya melihat, dari pemerintah Desa juga kecamatan sudah ada yang datang, tapi kalau bantuan belum ada. Ya mudah – mudahan saja nanti ada bantuan karna itu sangat dibutuhkan warga ” harap Tarim.

Berikut data kerusakan rumah warga di beberapa wilayah di Desa Sukatani.
1. Rw 09 = 1 Rusak berat, 6 Rusak ringan
2. Rw 10 = 2 Rusak berat, 4 Rusak ringan
3. Rw 03 = 11 Rusak ringan
4. Rw 06 = 1 Rusak berat, 10 Rusak ringan
5. Rw 04 = 1 Rusak berat, 15 Rusak ringan
6. Rw 02 = 1 Rusak berat,
7. Rw 01 = 2 Rusak berat.
Sementara total kerugian materi diperkirakan sebesar Rp 176.000.000.
(jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here