Beranda JABAR Artefak Batu Menyerupai Benteng di Sukasari, Peninggalan sejarah Abad ke 8

Artefak Batu Menyerupai Benteng di Sukasari, Peninggalan sejarah Abad ke 8

8
0
BERBAGI

Penulis : Wezz

PURWAKARTA, JabarKini.net – Perhimpunan Mahasiswa Purwakarta (PERMATA), pekan ini sedang mendalami Temuan Situs Sejarah Petilasan Sangkuriang di Kampung Ciputat, Desa Kutamanah, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta.

Selama dalam penelitiannya, tim Permata kembali menemukan hasil dimana pada saat melakukan proses validasi terdapat dua batu yang usianya sangat tua. Untuk temuan batu pertama, yang memiliki konstruksi berupa menhir (Batu Tunggal) ini berusia 1621 SM. Sedangkan, pada temuan batu kedua dengan konstruksi berupa bekas runtuhan menara berusia 2400 SM.

Dalam hal ini, Indra Nugraha Selaku Ketua tim arkeologi PERMATA mengungkapkan, bahwa hasil dari penelitian kali ini benar-benar memuaskan.

“Kita harus lebih fokus dan serius dalam menangani situs sejarah ini, apalagi hasil penelitian tadi sangat memuaskan. Kita pun sudah membawa satu buah batu untuk dijadikan sampel dan dilakukan validasi atau pengujian lebih intensif Ke Dinas Kepurbakalaan Provinsi Jawa Barat”

Setelah di lakukan penelitian, Lanjut Indra. Hasilnya pun positif, dimana usia batu tersebut yakni, 1227 Ths. Artinya situs ini di bangun pada tahun 792 M (abad ke-8). Dalam hal ini kita dapat menyimpulkan bahwa terdapat tiga fase kebudayaan yakni 792 M, 2400 SM, dan 1621 SM” Ujarnya.

“Beberapa hari kemarin, Selasa (6/8/19). Dimana kami kembali lagi menemukan artefak dengan rupa gerabah, koin, dan manik-manik, setelah dilaksanakan beberapa galian”

Indra menambahkan, Meskipun sudah mendapatkan hasil beberapa temuan, namun (Kami, Red.) tim peneliti tidak mau terburu-buru dalam berspekulasi, sebab temuan pun belum banyak.

“Kami cukup puas dengan hasil ekskavasi kali ini, namun ini bukanlah suatu hasil akhir, kami akan terus melakukan penelitian lebih mendalam lagi.” Jelasnya.(jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here