Beranda JABAR Pelabuhan Patimban Batal Beroperasi Akhir Tahun 2019, Akibat Terkendala akses road dan...

Pelabuhan Patimban Batal Beroperasi Akhir Tahun 2019, Akibat Terkendala akses road dan Pembebasan Lahan

7
0
BERBAGI

Penulis : Erlan

SUBANG, Jabarkini.net – Proyek Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat ditargetkan beroperasi pertengahan 2020.Padahal sebelumnya di target akhir 2019 sudah beroperasi.

Batalnya Pelabuhan Patimban beroperasi di
akhir tahun 2019 dikarenakan pembangunan infrastruktur khususnya akses road belum bisa rampung hingga akhir tahun 2019

Meleset dari rencana semula Desember 2019. Pelabuhan ini diharapkan menjadi penopang kawasan industri di sisi timur Jakarta, yang banyak berdiri industri otomotif.

“Pelabuhan Patimban adalah proyek strategis nasional yang harus kita selesaikan tahun depan. Saya melakukan pengecekan segala sesuatu berkaitan dengan progres,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, usai meninjau langsung Pelabuhan Patimban

Dia menyebut, operasional yang ditargetkan dibuka pada April-Mei 2020 adalah car terminal atau terminal untuk bongkar muat mobil. Sedangkan untuk tahap I secara keseluruhan dijadwalkan rampung akhir 2020.

“Karenanya saya akan koordinasikan itu supaya bisa diselesaikan, baru akhir 2020 selesai semuanya,” ungkapnya.

Sejauh ini, pembangunan car terminal sudah mencapai 35%. Sedangkan total progres tahap I mencapai 29%.

Sebelumnya, Kemenhub sempat berencana melakukan soft launching car terminal Pelabuhan Patimban pada Desember 2019. Di akhir 2019, harapannya Patimban sudah bisa beroperasi terbatas.

Namun rencana tersebut harus dievaluasi lantaran akses menuju Pelabuhan Patimban belum sempurna. Hal ini disebabkan pembangunan akses yang dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkendala pembebasan lahan.(jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here