Beranda PURWAKARTA Lulusan SD Tidak Tertampung di SMP, Disdik Kab Purwakarta Siapkan Solusi

Lulusan SD Tidak Tertampung di SMP, Disdik Kab Purwakarta Siapkan Solusi

5
0
BERBAGI

Penulis : Wezz

PURWAKARTA, JabarKini.net – Lulusan Sekolah Dasar (SD) tahun 2019 yang akan melanjutkan sekolah ke jenjang selanjutnya diprediksi tidak akan seluruhnya terserap oleh Sekolah Menengaah Pertama (SMP) yang ada di Kab Purwakarta.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) Disdik Purwakarta, Sadiyah mengatakan dari jumlah angka kelulusan SD tahun 2019 di Kab Purwakarta yang tercatat sebanyak 16.463 siswa tersebut tidak akan terserap seluruhnya di 108 Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di Purwakarta, alasannya, karena sekolah SMP hanya mampu menampung 15.872 siswa.

“Lulusan SD tidak akan tertampung semua di SMP negeri mau pun swasta,” kata Sadiyah, Jumat (21/6/2019).

Meski begitu, para wali murid tidak usah khwatir putra/putrinya tidak dapat melanjutkan sekolah ke jenjang berikutnya, karena bisa meneruskan pendidikan ke Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri atau Swasta yang ada di wilayah Kabupaten Purwakarta.

“591 siswa yang tidak terserap di SMP bisa meneruskan ke MTS. Untuk jumlah rombongan belajarnya dialokasikan sebanyak 496 rombel. Jumlah rombel tiap sekolah variatif, 1 rombel oleh diisi 32 siswa,” ujar dia.

Sadiyah menyebut untuk bisa mencari informasi lebih lengkap mengenai PPDB 2019 untuk tingkat SMP di Purwakarta, masyarakat bisa mengaksesnya secara online melalui ppdb.disdik.purwakartakab.go. id. Masyarakat bisa memaksimalkan fasilitas informasi mengenai PPDB yang bisa diakses dimanapun tanpa harus ke sekolah atau kantor Disdik Purwakarta.

“Masyarakat bisa memantau secara realtime selama 24 jam perkembangan informasi yang berkaitan dengan peluang masuk ke sekolah yang dituju,” ucap Sadiyah.

Terpisah, Panitia PPDB SMP Negeri 2 Darangdan, Bambang Dwiyuliato mengatakan bahwa pada PPDB tahun ini pihaknya akan menerima 156 siswa, sesuai jumlah kelas VII yang ada.

“Tahun ini kami akan menerima 156 siswa baru, yang baru mendaftar secara online 83 orang. Jika kelebihan kuota solusina mungkin diarahkan ke sekolah lain,” ujar Bambang. (jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here