Beranda JABAR Target PTSL Masih Minim, Butuh Dukungan Pemda Karawang

Target PTSL Masih Minim, Butuh Dukungan Pemda Karawang

3
0
BERBAGI

Penulis : Asep NK

KARAWANG, Jabarkini.net – Kementerian Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menerbitkan sertifikat tanah tanpa dipungut biaya, melalui program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL).Program ini dimulai sejak 2017 dengan menyasar 80 juta bidang tanah yang belum tersertifikasi.

Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Karawang, menerangkan target pencapaian Pencapaian Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) masih minim jauh dari target sekitar 43 ribu bidang, sementara per Mei 2019 baru mencapai 5 persen.

“Hingga per awal. Mei baru mencapai 5 persen dari target 43 ribu bidang, ” kata Kasubag Tata Usaha Kantor BPN Karawang, Wing saat ditemui dikantornya, Rabu (15/5).

Dia mengatakan Karawang masih masih dalam zona merah dalam pencapain target, padahal program pemerintah ini sudah dilakuka. Sosialisasi di tingkat stakeholder hingga tingkat desa namun masih terkendala dari dukungan Pemerintah Kabupaten Karawang, sehingga berdampak pada pencapaian target.

“Kami minta dukungan penuh dari semua pihak, khususnya Pemkab Karawang untuk memerintahkan kepada semua kepala desa dan masyarakat agar mendukung dan mengikuti kegiatan ini (program PTSL) mampu mencapai target, karena program PTSL dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) ,” kata Wing.

Wing, mengaku tidak tahu akan kendala apa yang menjadi minimnya target pencapaian, namun yang pasti program pembuatan sertifikat gratis ini, dari data yang masuk dimungkinkan adanya kekuranglengkapan data yuridis atas tanah masih minim.

Menurutnya, untuk memercepat program ini agar masyarakat segera melengkapi semua persyaratan. Sebab pihaknya juga tidak mengetahui pendaftar yang sudah masuk tapi tidak bisa diteruskan karena semua persyaratan pensertipikatan dari masyarkat belum masuk.

“Sulit melengkapi data-data yang yuridisnya, membuat proses terhambat,” katanya.

Untuk itu, kata Wing, harus ada kebijakan dari Pemkab Karawang untuk mendukung program PTSL ini dengan mengakomodir kesulitan-kesulitan dari masyarakat tersebut. Sebab program PTSL ini bukan hanya merupakan tugas instansi ATR/BPN, tapi merupakan program pemerintah pusat yang harus didukung oleh Pemerintah Daerah.

“Kita sudah menyampaikan adanya program ini, kita minta dukungan program ini dari pemerintah daerah hingga ke tingkat dibawahnya,” katanya.(jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here