Beranda JABAR Tuntut Penindakan Pelaku Money Politic, Gibas Subang Demo ke Bawaslu dan KPU

Tuntut Penindakan Pelaku Money Politic, Gibas Subang Demo ke Bawaslu dan KPU

14
0
BERBAGI

Penulis : Yudi

SUBANG, jabarkini.net – Seratusan warga yang tergabung dalam Gabungan Inisiatif Barisan Anak Siliwangi (GIBAS) Subang berunjuk rasa ke Kantor Bawalu Subang di Jalan Veteran, Kelurahan Sukamelang, Subang, Selasa (30/04/2019). Dalam unjukrasanya mereka membawa poster yang berisi tuntutan atas banyaknya kasus money politic di Kabupaten Subang saat pelaksanaan pemilu 2019 kemarin.

Selain membawa poster dan beorasi, para pengunjuk rasa juga menaburkan uang mainan ke kantor Bawaslu sebagai simbol bahwa banyaknya kasus jual beli suara dalam pelaksaan Pemilu khususnya Pileg kemarin. Aksi unjukrasa yang dijaga ketat oleh aparat kepolisian dari Polres Subang ini menuntut agar bawaslu menindak tegas para pelaku money politic.

Menurut Ketua GIBAS Subang, Iwan Irawan Prayoga, pihaknya menemukan banyak terjadi jual beli suara saat pemilu kemarin. Bahkan nominalnya mencapai puluan milyar rupiah. Para pelaku money politic ini harus ditindak tegas karena dinilai akan menjadi sumber praktek korupsi.

“Kasus jual beli suara saat Pemilu kemarin dinilai sudah sangat masif dilakukan. Jika dibiarkan maka akan menciptakan bibit-bibit koruptor selanjutnya,” ujar Iwan.

Menurut ketua Bawaslu Subang, Parahuta Harahap, pihaknya kini telah menangani sebanyak 13 kasus pelanggaran pemilu. Tiga diantaranya kasus dugaan money politic. Namun semua kasus baru dalam tahap pemeriksaan dan ditargetkan selesai dalam waktu 14 hari.

“Kasus pelanggaran yang masuk ke Bawaslu kini sebanyak 13 kasus. Sepuluh merupakan kasus administrasi dan tiga diataranya kasus dugaan money politic. Namun semua kasus kini masih dalam tahak pemeriksaan,” ucap Parahuta.

Dalam aksinya ini, para pengunjuk rasa juga memberikan seekor tikur ke Bawaslu Subang sebagai simbol telah menghasilkan calon koruptor baru. Setelah melakukan aksi di Bawaslu, para pengunjuk rasa melanjutkan aksi ke kantor KPU Subang. (jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here