Beranda NASIONAL Anjing Kintamani Bakal Disertifikasi

Anjing Kintamani Bakal Disertifikasi

21
0
BERBAGI

Penulis : Made Arnawa

DENPASAR, Bali, Jabarkini.net – Dengan diakuinya anjing Kintamani sebagai anjing ras Bali secara internasional, maka ke depan nanti, anjing Kintamani ini bakal dilengkapi dengan sertifikat. Ini untuk meyakinkan masyarakat tentang keaslian anjing Kintamani tersebut.

Hal itu dilontarkan Bupati Bangli, Made Gianyar kepada wartawan dalam di Denpasar belum lama ini.

Menurut Gianyar kami sebagai masyarakat Bangli menjadi semakin percaya terhadap ras anjing Kintamani ini. Dengan diakuinya anjing Kintamani ini secara internasional ada dua sertifikat pengakuan Internasional yang didapat Kintamani, Yakni anjing rasa Kintamani dan geopark gunung Batur. Dikatakan Gianyar pengakuan ini menjadi point penting bagi daerah ini untuk menjadi lebih terkenal sebagai daerah wisata dunia.

Dikatakan menyangkut masalah sertifikasi anjing Kintamani ini nantinya akan diatur oleh pihak terkait. Nantinya untuk membuktikan bahwa anjing Kintamani itu asli atau tidak akan dibuatkan kriteria. Kalau sekarang ini banyak anak-anak anjing yang ditawarkan dipasarkan disebut-sebut sebagai ras Kintamani, tetapi setelah besar kenyataannya tidak seperti itu, jadi konsumen dirugikan. Untuk menghindari itulah nantinya akan dibuatkan peneng atau tanda yang menunjukkan keaslian anjing tersebut ras Kintamani atau tidak.

Seperti diketahui, sebelumnya pihak pihak federasi cynoloique Internasional (FCI) secara resmi telah memberikan pengakuan kepada anjing ras Kintamanis sebagai ras dunia dan merupakan satu-satunya anjing ras Indonesia yang diakui secara internasional. Ketua Indonesia kennel klub Benny Kwok kepada media di Denpasar menyatakan, untuk bisa mengantongi sertifikasi FCI ini membutuhkan waktu yang cukup lama karena persyaratan yang harus dipenuhi cukup berat.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Bali Dr I Wayan Koster mengungkapkan, dengan adanya sertifikasi anjing ras Kintamani ini oleh FCI ini merupakan langkah yang luar biasa dan menjadi kado buat Bali. Disebutkan Koster pihaknya saat ini memang sedang melakukan upaya-upaya untuk mengangkat kekayaan yang dimiliki Bali, seperti kopi Bali, salak Bali dan sebagainya.
Mereka Bali ini menjadi luar biasa, jelas koster.(jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here