Beranda NASIONAL Warga Karawang Akan Melakukan Aksi Berenang Tunggal di Sungai Kalimalang

Warga Karawang Akan Melakukan Aksi Berenang Tunggal di Sungai Kalimalang

10
0
BERBAGI

Penulis : Asep NK

KARAWANG, Jabarkini.net – Agus Widodo berusia 65 tahun, akan melakukan berenang tunggal “fin swimming” di Sungai Kalimalang, Bekasi, sepanjang 7,5 kilometer. Niatan berenang tunggal pada hari Minggu 14 April 2019, sambil membawa pesan moral kepada masyarakat sepanjang aliran Kalimalang tidak membuang sambah domestik, sehingga airnya bersih seperti sungai Cheon Geycheon yang membelah kota Soul di Korea Selatan.

“Aksi berenang tunggal di Sungai Kalimalang, akan membawa pesan moral sambil memungut sampah yang ditemukan sepanjang aliran sungai sepanjang 7 5 kilometer, ” kata Agus, kepada Media di Karawang.

Lelaki asal Dusun Ciherang Rt 01/ 06, Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur, Karawang, mengaku niatannya tersebut, untuk mendorong masyarakat bantaran sungai Kalimalang menjaga kebersihan air sungai sehingga air sungainya layak dikonsumsi sebagai air minum seperti di negara Matahari Terbit.

Hal lainnya, Agus menyerukan kepada pemerintah agar dilakukan Basic National Maritime Character Building yaitu mengajarkan keterampilan dasar perairan seperti renang, selam dan berlatih layar dijenjang Sekolah Dasar hingga tingkat menengah atas. Dan dimasukan dalam kurikulum wajib sistem pendidikan nasional.

“Yang lebih penting, pemerintah mendorong mengajarkan keterampilan dasar diperairan, dan memasukan dalam kurikulum sistem pendidikan nasional, “kata lelaki berusia 65 tahun.

Rencananya ini sebetulnya sudah lama, dan pada usia muda lelaki sebagai pelatih renang dan selam yang akrab disapa Dodiet, ini sudah melakukan hal yang sama pada tahun 1981 di aliran sungai Bengawan Solo, Jawa Tengah, dengan merancang rakit Joko Tingkir berbahan drum karbit dan pipa besi bersama temannya Panca Putra Tagap melayari Bengawan Solo sejauh 640 km dari Solo hingga Surabaya pada Februari 1981.

“Niatan ini sebetulnya sudah lama, namun baru mau dilakukan tahun ini, “tandasnya.

Setelah melalui rute jembatan Caman Bekasi dan berakhir di jembatan Serong dekat kantor Tol Becakkayu Halim Perdana Kusuma, akan dilanjutkan bersepeda sejauh 18,5 kilometer menuju tugu Monas Jakarta. Disana Dia mengaku akan membacakan tiga sajak yang berjudul Sungai, Pilihan dan Presiden.(jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here