Beranda Jabar 150 Hektar Tambak Terendam Banjir Petani Tambak Merugi

150 Hektar Tambak Terendam Banjir Petani Tambak Merugi

174
0

Penulis : Asep NK

KARAWANG, Jabarkini.net – Sekitar 150 hektat tambak di Desa Tambak Sumur, Kecamatan Tirtajaya, Karawang terndam banjir akibat intensitas yang tinggi juga faktor meluapnya sungai Bengbang yang membelah dua desa, akibat petani tambak udang merugi ratusan juta.

Kepala Desa Tambak Sumur Suhata mengatakan banjir yang merendam hamparan tambak setelah diguyur hujan sejak hari duu hatri terkahir yang mengakibatkan meluapnya air sungai Bengbang.

“Diperkirakan sekitar 150 hektar tambak ikan bandeng terndam banjir, dipastikan petani tambak merugi, ” kata Suhata,  Rabu (30/1).

Suhata menjelaskan selain merwndam lahan tambak juga merendam  sekitat 51  rumah warga  yang berada dibantaran aliran sungai tersebut, ketinggian banjir sekitar 50 centimeter hingga satu meter.

“Untuk rumah ada sekitar 51 rumah yang posisinya lebih rendah dari bantatan sungai ” jelasnya.

Saat ini ,kata Suhata. tim dari BPBD  dan Muspika kecamatan sudah turun ke lapangan melakukan pengecekan serta menginventalisir total kerusakan akibat bencana tersebut.

Adapun rumah yang terdampak banjir tersebut berada di Desa Tambak Sumur 31 rumah dan di Desa Srikamulyan 20 rumah, sebagian warga mengungsi ke rumah tetangga yang posisinya masih aman.

Pihaknya saat juga terus melakukan pendataan untuk memastikan total kerugian yang diakibatkan oleh banjir tersebut.

“Kami masih mendata jumlah kerugian akibat bencana banjir tersebut. Kalau data untuk sementara, sekitar ratusan juta sudah ada,” ungkapnya.

Dikatakannya, bencana banjir di Tambak Sumur hampir setiap musim penghujan pasti terjadi. Hal tersebut terjadi karena desa ini sangat rendah dan berada di pinggir sungai. Selain itu, terjadi penyempitan aliran sungai karena pembangunan di lokasi tersebut juga menjadi faktor lain. Kendati demikian tidak ada korban jiwa saat banjir tersebut terjadi, karena rata-rata masyarakat sudah terbiasa dan sudah faham ketika musim penghujan terjadi.(jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here